Powered by Blogger.

Alat-alat Ekstraksi dan prinsip kerja lengkap



*  EKSTRAKSI PADA INDUSTRI SAWIT
1.      Oil Clarifier

Minyak sawit yang didapatkan dari expeller masih berupa minyak kental karena mengandung partikel padat yang berwujud seperti lumpur dan susah dipisahkan dari minyak. Berbagai metoda telah digunakan oleh banyak ilmuwan untuk memisahkan padatan dari minyak, tetapi cara yang paling efektif adalah menambahkan banyak air pada minyak. Penambahan ini akan memisahkan minyak bening ke atas dan air bersama kotoran ke bawah.

       Alat berupa dua silinder, dengan satu silinder lebih kecil berada di dalam silinder yang lebih besar. Minyak dimasukkan kedalam silinder yang besar melalui bagian bawahnya. Minyak beningan akan naik ketas, seiring penambahan minyak ke dalam silinder besar. Minyak bening dari silinder besar selanjutnya mengisi silinder kecil dan dikeluarkan melaui bagian bawah silinder kecil. Minyak ini kemudian dipanaskan untuk mengurangi kadar air dan didapatkan CPO.


2.      Singgle/double Srew
Proses Ekstraksi Minyak dengan cara pengempaan menggunakan single/double Screpada tekanan  40-50 Bar.Fungsi dari alat ini adalah untuk proses pengepresan buah sawit yang telah dilumatkan menjadi minyak sawit kasar (minyak yang belum di murnikan).

3.      Vakum Dryer


            Vacum dryer adalah alat yang berfungsi untuk memisahkan air dari minyak dengan cara penguapan dalam kondisi hampa udara. Hasil yang diharapkan dari proses ini adalah minyak dengan kadar air 0,1 – 0,15% dan kadar kotoran 0,013 – 0,015%.
Melalui tangki apung (float tank) inilah yang mengatur jumlah minyak, pertama minyak dialirkan ke vacum drayer.Minyak terhisap kedalam tabung melalui pemercikan (nozzle) karena adanya hampa udara dan minyak terpencar kedalam tabung hampa.


EKSTRAKSI PADA INDUSTRI OLEORESIN DARI CASSIA VERA

Alat ekstraksi oleoresin ini merupakan alat yang praktis dan menggunakan teknologi sederhana yang dapat diaplikasikan pada industri kecil dan menengah dalam upaya meningkatkan nilai tambah dan diversifikasi produk cassia vera.


Prinsip Kerja

Sistem yang digunakan pada unit ini yaitu mekanisme dengan pemanasan yang diatur menggunakan thermostat dan pengadukan menggunakan motor penggerak berpengaduk. Ekstraksi dilakukan didalam silinder dengan volume 50 liter.Mekanisme penyaringan dilakukan dengan pengaturan pemakuman melalui kran-kran dan vakum meter.Penyaringan menggunakan kompressor yang dimodifikasi dari outletnya dengan meteran vakum memakai motor penggerak. Hasil uji coba dari 4 kg bahan memerlukan waktu penyaringan 50 menit, tekanan rata-rata 10 cm Hg dan dapat menyaring sebanyak 560 ml.Sistem penyulingan vakum ini dilakukan dengan pengaturan pemanasan memakai thermostat dan pemakukan memakai pompa vakum.

 EKSTRAKSI PADA INDUSTRI OBAT-OBATAN

Untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan serta menyediakan bahan baku obat herbal berkualitas terbaik, maka pada tahun 2003 Borobudur Natural Herbal Industry mendirikan unit ekstraksi modern yaitu Borobudur Extraction Center (BEC).


BEC menggunakan mesin berteknologi canggih buatan Jerman, menggunakan 3 tahapan dalam proses ekstraksi yaitu Perkolasi, Evaporasi dan Drying.

Perkolasi bertujuan untuk mengambil sari/kandungan bahan aktif dari rempah – rempah dengan menggunakan pelarut yang sesuai sehingga didapat ekstrak cair. Proses ini dilakukan secara berkesinambungan sehingga menjamin kandungan bahan aktifnya optimal. Kapasitas perkolasi ini adalah 4 x 2000 liter sehingga dapat memproses 40 – 50 ton rempah kering per bulan.

Alat Ekstrak Vakum Multi Effect

Digunakan untuk penanganan proses Ekstraksi dan pengkonsentrasian cairan dalam farmasi, kimia, makanan, susu produk industri, terutama yang berlaku untuk berkonsentrasi obat termal di bawah system vakum dan suhu rendah).

EKSTRAKSI PADA INDUSTRI KOPI          
Ekstraksi menggunakan pelarut air. Prosesnya melalui dua tahap yaitu Perkolasi (dingin) dan Ekstraksi ( panas). Alatnya seperti yang dibawah ini :
Perkolasi



Ekstraksi per Batch

Aroma kopi dipertahankan dengan cara reverse osmosis menggunakan membran filtasi. Selain itu, proses ekstraksi dengan panas juga akan mempengaruhi aroma, untuk itu pasca ekstraksi proses berikutnya adalah pendinginan ekstrak hingga suhu di bawah nol derajat celcius.



8. Evaporasi ( Penguapan) :
Fungsinya adalah untuk mendapatkan kadar ekstrak ideal

Pemisahan :
Dipisah sesuai dengan kebutuhan hasil akhir olahan kopi yang dibutuhkan yaitu :
a. Spray Dried
b. Aglomerasi
c. Ekstraksi Biasa



Spray Drying
Prinsipnya adalah untuk menghilangkan air, dengan cara ekstrak dilewatkan dalam sebuah kolom; temperatur tinggi dalam kolom tersebut akan menguapkan air hingga didapatkan bubuk kopi. Bubuk kopi dikumpulkan pada bagian bawah kolom. Karbondioksida bertekanan tinggi disemburkan via nozzle dengan butiran halus kopi.

Alat spray drier seperti ini


Aglomerasi
Bubuk kopi spray dried direbus lagi untuk mendapatkan gumpalan antar partikel bubuk yang lebih besar, fungsinya adalah untuk mendapatkan rasa yang lebih kaya dan aroma yang lebih kuat.

Alat  aglomeratornya seperti ini :


Ekstraksi
Kopi hasil ekstraksi awalan tidak mengalami proses lagi, dan langsung dikemas. Kalau Anda mau tahu prinsip ekstraksi yang ini, begini ringkasnya :


1 comment

  1. Perkenalkan Kami dari PT. PURARI MITRA RAPUNZEL yang bergerak dibidang Sewa Undername Import dan Freight Forwarders, Air & Sea Cargo Service/Jasa Customs Clearance Barang Import bermaksud ingin menawarkan kerjasama dalam hal proses pengiriman barang import dengan menggunakan undername perusahaan kami serta proses kepabeanan barang import baik yang masuk melalui Port atau pun Bandara.




    CUSTOMS CLEARANCE

    Kami siap membantu serta bekerjasama dengan pihak manapun dalam hal atau bidang,spesialis Customs Clearance,Import Borongan (All In) Resmi,Under Name,Door To Door, Domestik Dan Keagenan Lainnya



    Project kerjasama unggulan kami sebagai berikut :

    · General Customs Clearance

    · Importasi dengan system Door to door Regional Asia, Eropa dan Amerika

    · Air& Sea Freight (LCL & FCL)

    · Bonded Warehousing

    · Under Name

    · Import Sea Freight & AirFreight Service

    · Export Sea Freight & AirFreight Service

    · Import Consulidation

    · Custom Clearance Import ( ALLIn )

    · Second of Machine Import




    Perusahaan kami salah satu perusahaan yang melayani dan memiliki beberapa kouta import seperti :



    · PI Besi atau Baja,Baja Paduan,dan Produk Turunannya

    · Mesin Bekas / Barang bekas

    · Garment

    · Textile



    Operasional Perusahaan Kami Meliputi


    - Pelabuhan Tanjung Priok & Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )
    - Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )
    - Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )
    - Pelabuhan Belawan ( Medan )

    Demikianlah perkenalan dari kami, besar harapan kami menjadi mitra atau rekanan baru di perusahaan bapak / ibu. Atas kesempatan, kepercayaan dan kerjasama yang baik kami ucapkan terimakasih.

    B-Regards,
    --


    PT.PURARI MITRA RAPUNZEL

    International Freight Forwarders

    Jl. Raya Lapangan Tembak No.3B

    Cibubur,Jakarta Timur 13710 Indonesia



    Mahmuddin

    WhatsApp : 0813-6060-0043

    Tlp : (021)2282 2117)

    Fax : (021)2282 2117)

    Email : mahmuddin@purarimitrarapunzel.com

    info.purarimitrarapunzel@gmail.com

    Website : www.purarimitrarapunzel.com

    ReplyDelete

 

Blogroll

Most Reading