Powered by Blogger.

Proses Dan Tujuan Sedimentasi




Sedimentasi adalah pengendapan (settling) partikel-partikel dari suspensi, pada proses sedimentasi partikel-partikel dipisahkan dari fluida akibat gaya grafitasi yang bekerja pada partikel partikel tersebut. Kebanyakan proses sedimentasi komersial berlangsung secara continue. Suspensi di umpankan ke satu atau lebih tangki atau kolom pengendapan. Ketika suspensi dilewatkan, padatan padatan akan mengendap. Padatan ini kemudian dipisahkan bersama-sama dengan sejumlah fluida sebagai aliran bawah yang kental (thickened underflow) fluida sisa akan mengalir secara overflow bersama-sama dengan padatan yang tidak mengendap. Sedimentasi yang merupakan pengendapan partikel dari suspensi merupakan masalah yang sering ditemui dalam praktik kimia. Terutama ketika kita ingin memisahkan partikel-partikel dari alur fluida sehingga fluida terssebujt bebas dari kontaminan partikel, lalu untuk memulihkan partikel-partikel sebagai produk(seperti pemulihan fasa terdispersi pada ektraksi cair cair) serta untuk memisahkan partikel-partikel menjadi fraksi-fraksi dengan ukuran atau densitas yang berbeda dengan cara menyuspensikan partikel-partikel terssebut ke dalam suatu fluida.


Tujuan sedimentasi

  1. Untuk memisahkan partikel-partikel dari alur fluida sehingga fluida tersebut bebas dari kontaminan partikel.
  2. untuk memulihkan partikel-partikel sebagai produk(seperti pemulihan fasa terdispersi pada ektraksi cair cair)
  3. untuk memisahkan partikel-partikel menjadi fraksi-fraksi dengan ukuran atau densitas yang berbeda dengan cara menyuspensikan partikel-partikel terssebut ke dalam suatu fluida.
Aplikasi sedimentasi mencakup penyisihan padatan dari limbah cair, pengendapan kristal-kristal dari larutan induk, pemisahan campuaran cair-cairdari suatu tahapan ektraksi di dalam setler,pengendapan partikel-partikel pangan padat dari pangan cair dan pengendapan campuran kental dari proses leaching kacang kedelai. Partikel –partikel tersebut dapat berupa partikel-partikel padat atau tetesan –tetesan cair.fluida yang dimaksud dapat berupa cairn ,gas yang sedang bergerak atau dalam keadaan diam.Jika pengendapan suatu partikel tidak di pengaruhi oleh dinding wadah dan partikel lain makaproses ini di sebut free settling, proses ini dapat tercapai rasio diameter partikel terhadap diameter wadah <1 : 200 atau konsentrasi pertikel < 0,2% olum didalam campuran. Jika partikel sangat banyak mareka akan mengendap dengan laju yang sangat lambat dan proses ini disebut hindered settling. Pemisahan lumpur encer atau suspensi oleh graviti setling(pengendapan karena gravitasi) menjadi fluida jernih dan lumpur pekat disebut sedimentasi.


Peralatan sedimentasi sangat bervariasi, tapi pada umumnya terdiri dari:

  1. suatu tangki atau kolam sebagai tempat terjadinya sedimentasi
  2. suatu sistem pengumpanan yang efektif
  3. sistem overflow untuk mengumpulkan keluaran yang jernih
  4. suatu yang dapat mengangkut padatan yang mengendap ke tempat penampungan

No comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Most Reading